Mengenal Obat Penenang Dumolid Dan Efek Sampingnya

Mengenal Obat Penenang Dumolid Dan Efek Sampingnya – Baru-baru ini dunia hiburan tanah air kembali dihebohkan dengan penangkapan salah satu artis terkenal yaitu tora sudira, yang mana artis tersebut tertangkap oleh aparat karena memiliki obat terlarang berjenis dumolid atau obat penenang. Dumolid ini juga merupakan narkoba golongan 4 yang digunakan sebagai obat untuk seseorang yang susah tidur atau insomnia. Selain itu obat dumolid juga dapat mengatasi gangguan seperti kejang-kejang, gangguan kecemasan, dan depresi. Maka dari itu tidak heran jika artis di indonesia memakai obat terlarang ini untuk menenangkan diri akibat tuntutan kerja yang berat. Obat dumolid ini adalah nama mereknya, sedangkan obat generiknya atau kandungannya adalah nitrazepam yang termasuk ke dalam kelas obat benzodiazepin atau obat penenang. Jika dulu kita mengenal jenis narkoba seperti heroin, ekstasi, dan sabu sering digunakan oleh kalangan anak muda, namun di era seperti sekarang ini banyak orang suka menyalahgunakan obat-obatan yang bukan murni obat golongan narkoba, salah satunya obat dumolid ini.

Sama seperti narkoba, mengkonsumsi dumolid untuk mendapatkan efek agar dapat lebih konsentrasi dan meningkatkan kepercayaan diri. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, oral: 5 mg, 10mg. Nitrazepam adalaj obat yang termasuk ke dalam psikotropika golongan IV. Apabila ingin mendapatkan obat golongan psikotropika harus dengan resep dokter terlebih dahulu. Karena dikhawatirkan apabila seseorang mendapatkan obat ini tanpa resep dari dokter maka rentan terhadap pemakaiannya dan sering disalah gunakan. Obat dumolid atau nama obat generiknya adalah nitrazepam. Efek yang ditimbulkan ketika mengonsumsi nitrazepam 5 mg adalah menimbulkan perasaan tenang dan relaksasi secara fisik dan mental, dan dapat mengakibatkan efek ketergantungan pada yang sering menggunakannya.

dumolid

Nitrazepam bekerja pada reseptor di otak yang disebut reseptor GABA. Hal ini menyebabkan pelepasan neurotransmiter yang disebut GABA di otak. GABA adalah neurotransmiter yang membuat efek “menenangkan” alami. Neurotransmitter sendiri merupakan bahan kimia yang tersimpan di sel saraf otak dan sistem saraf. Tugasnya yaitu untuk mentransmisikan pesan antar sel saraf. Hal tersebut akan membantu menjaga aktivitas saraf di otak seimbang, dan menimbulkan kantuk, mengurangi kecemasan dan membuat rileks otot yang tegang. Namun, harap diperhatikan, tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, dumolid tidak boleh digunakan oleh orang dengan orang yang hipersensitifitas terhadap komponen yang terkandung dalam obat ini.

Dosis Dan Cara Pemakaian Obat Dumolid (Dengan Pengawasan Dokter)

Cara mengkonsumsi atau memakai obat domulid adalah diminum sebelum waktu tidur, berikut dosis dumolid yang direkomendasikan :

– Dewasa: 5-10 mg.
– Lansia: 2,5-5 mg.
– Anak-anak 6-14 tahun: 5 mg.
– Anak-anak 1-6 tahun: 2,5-5 mg.
– Anak-anak kurang dari 1 tahun: 1,25-2,5 mg.

Efek Samping Obat Penenang Dumolid

Seperti halnya dengan obat-obat lainnya, obat dumolid juga berpotensi menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan, dan hal inilah yang membuat obat dumolid tidak boleh sembarangan di pakai, berikut beberapa efek sampingnya, yaitu :

– Masalah memori, ini dapat mengakibatkan perubahan perilaku.
– Gangguan emosi.
– Mengantuk berlebihan.
– Gangguan koordinasi dan berbicara.
– Bingung atau disorientasi.
– Gangguan konsentrasi dan memori.
– Penurunan pada tekanan darah.
– Penurunan pada frekuensi nafas.
– Nitrazepam yang digunakan dalam dosis tinggi untuk jangka waktu yang lama dapat menimbulkan efek samping antara lain ketergantungan fisik dan fisiologis yang dapat mengarah pada penyalahgunaan narkoba.

Untuk jangan pernah mencobat obat dumolid ini tanpa resep dokter, karena obat dumolid ini sama halnya seperti narkoba jika sudah memakainya sering kali kita kecanduan untuk terus mengkonsumsinya. Dan apabila sudah terlanjur kecanduan obat ini, maka cara untuk menghentikannya adalah konsultasi ke dokter. Jika Anda memaksa menghentikan penggunaan obat golongan benzodiazepine tanpa pengawasan dokter, benar-benar berbahaya, lebih baik Anda tidak bermain-main dengan kesehatan Anda sendiri. Umumnya dapat muncul gejala withdrawal symptom atau gejala putus zat. Memang menggunakan obat penenang itu dapat menjadikan pengguna obat tersebut merasa nyaman, namun di balik itu semua, gejala-gejala dan efek samping negatif yang menyusul akan membuat penderita justru menjadi kecanduan. Bahkan untuk memulihkan membutuhkan terapi jangka panjang.

Orang-orang yang menggunakan Dumolid terkadang ada yang merasakan reaksi berbeda. Di mana mungkin tubuh beberapa orang dapat mentolerir obat tersebut dengan sempurna, tetapi ada juga yang merasakan efek negatif pada tubuhnya. Variasi dari efek tersebut terjadi karena perbedaan respon yang diakibatkan variabel berbeda. Itu termasuk metabolisme dan variasi genetik seseorang, interaksi makanan, serta penggunaan obat yang lain. Maka penting bagi kita untuk selalu berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan karena jika kita sudah ketergantungan terhadap obat yang jelas sangat berbahaya bagi kesehatan maka akan membuat kehidupan kita menjadi kacau dan bukannya menyehatkan tetapi malah merusak kesehatan kita. Jika kita memiliki masalah pada kesehatan sebaiknya kita pergi ke dokter dan meminta resep dari dokter, jangan menggunakan cara ilegal yang justru membahayakan kesehatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s