Cara Mengatasi Ketergantungan Narkoba

Cara Mengatasi Ketergantungan Narkoba – Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) menunjukkan tren yang semakin meningkat di indonesia. Rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para pengguna dari belenggu narkoba. Untuk itu ada beberapa tahapan rehabilitasi narkoba yang perlu dilakukan.

Penyalahgunaan narkoba sebagian besar diawali upaya coba-coba dalam lingkungan sosial. Semakin lama pemakaian, maka risiko kecanduan semakin tinggi. Jika terus dilanjutkan, maka dosis narkoba yang digunakan juga akan semakin besar untuk mencapai kondisi yang diinginkan (teler). Hingga pada titik tak mampu melewatkan satu hari tanpa narkoba.

pengguna narkobaSecara definitif narkoba merupakan zat adiktif yang dimasukkan dalam tubuh manusia lewat berbagai cara. Bisa dengan disuntikkan, oral, atau dihirup melalui hidung dan bisa menimbulkan ketergantungan, perasaan tenang, dan mengubah pikiran. Narkoba merupakan obat atau zat semi sintesis berasal dari atau bukan tanaman yang bisa menyebabkan penurunan kesadaran, menimbulkan rasa ketergantungan dan bisa menghilangkan rasa nyeri. Jenis narkoba banyak sekali macamnya ada opium, morfin, kokain, ganja, dan sebagainya.

Narkoba bukan hal asing lagi bagi kita. Banyak orang telah mengetahui seberapa buruk efeknya untuk kesehatan walau masih ada juga yang terjerumus dan kecanduan untuk menggunakan obat terlarang ini. Akibat yang ditimbulkan oleh narkoba seperti kehilangan memori, mengalami kerusakan otak dan jantung, memiliki perilaku seperti orang gila, dan lebih agresif. Inilah sebagian kecil akibat yang ditimbulkan oleh narkoba itu sendiri. Biasanya memang seseorang akan coba-coba lebih dulu setelah itu mengalami ketergantungan.

Namun, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ketergantungan anda terhadap obat terlarang atau narkoba ini, yaitu :

  • Niat Yang Kuat Untuk Berhenti

Segala sesuatu yang diawali dengan niat tentu akan berhasil, maka putuskan untuk berhenti memakai narkoba sebagai langkah pertama mengatasi ketergantungan terhadap narkoba. Tak masalah bila kita tidak mampu melakukannya hanya sekali waktu saja. Tapi penting untuk tetap membuat tujuan dan memiliki niat agar ketergantungan kita terhadap narkoba ini bisa berhenti secara nyata.

  • Membuat Daftar Efek Narkoba Yang Dirasakan Secara Fisik 

Bila kita sudah memiliki niat untuk berhenti, tentu ada sebabnya. Jadi mulailah membuat daftar tentang apa saja yang kiranya dirasakan secara fisik selama anda ketergantungan narkoba. Perlu diketahui bahwa banyak orang menyerah ketika memutuskan untuk berhenti, Ini dikarenakan efek dari putus dengan narkoba berkelalikan dengan ketika kita mengonsumsinya. Contohnya, tubuh bakal merasakan cepat lelah dan lemas selama tidak mengonsumsi narkoba lagi. Padahal selama menggunakan, tubuh akan selalu bertenaga.

mengatasi narkoba

Setelah mencoba berhenti narkoba, akan ada juga rasa khawatir dan cemas yang melanda diri, Berbeda dari saat kita menggunakannya dimana hati akan selalu senang dan tanpa beban. Sebuah catatan perlu dibuat agar anda sendiri dapat mengingat dan sadar betul apa yang sudah narkoba perbuat. Pada umumnya, ketergantungan narkoba akan memicu hal-hal seperti berikut :

– Kerusakan kulit.
– Gangguan pada gigi dan mulut.
– Masalah pada organ fisik lainnya.
– Penuaan dini.
– Penurunan berat badan.

Maka jangan ragu-ragu jika anda merasakan hal yang telah disebutkan diatas. Dan setelah itu anda masukkan dalam daftar catatan anda.

  • Mencatat Risiko/Efek Samping Ketergantungan Narkoba

Satu lagi yang mesti anda catat dalam daftar buku catatan anda, yaitu efek bahaya yang diberikan kepada hidup anda selam mengonsumsi narkoba. Dengan membuat daftar akan efek samping atau risikonya, maka anda akan secara otomatis terdorong untuk membuat perubahan perilaku. Membacanya kembali dan berulang-ulang akan memberikan motivasi dan kekuatan untuk berhenti dari narkoba. Misal dengan menuliskan hal-hal yang dirasa telah berubah dalam hidup.

  • Mencari Bantuan

Meski merasa kuat dan mampu, para pecandu narkoba kebanyakan tentu tak akan berjalan sendiri untuk berhenti dari kecanduan narkoba. Cara mengatasi ketergantungan narkoba adalah dengan mencari bantuan, termasuk memperoleh bantuan dari dokter. Berkonsultasi dengan ahlinya, seperti dokter spesialis kecanduan narkoba akan sangat menolong. Ini dikarenakan dokter tersebutlah yang akan menawarkan perawatan apa saja yang bisa dilakukan untuk para pecandu yang ingin segera berhenti.

Biasanya dokter akan melakukan proses detoksifikasi. Sehingga segala sisa-sisa obat-obatan terlarang yang sudah masuk ke dalam tubuh dapat dikeluarkan. Perawatan seperti ini perlu berada pengawasan ahlinya.

  • Sering bermeditasi

Kecanduan narkoba buka hal sepele dan untuk berhenti tak semudah membalikkan telapak tangan sebab selalu ada hambatannya. Bermeditasilah untuk membuat hati dan pikiran tenang karena stres akibat tak lagi mengonsumsi narkoba dapat sering muncul. Ketika meditasi, anda akan mampu fokus pada kesadaran tubuh dan pernapasan tubuh. Cari tempat aman, tenang dan nyaman untuk duduk bersila. Kemudian lanjutkan dengan menutup mata dan berfokus apada pernapasan selam 10-15 menit. Tariklah napas dalam-dalam supaya hati dan fikiran jauh dari kecemasan. Pertahian yang ditaruh sepenuhnya pada pernapasan akan membuat tubuh lebih rileks juga.

  • Menyibukkan Diri Dengan Kegiatan Positif 

Orang-orang yang sudah pernah kecanduan narkoba lalu berhasil tidak lantas menutup kemungkinan untuk kembali ke narkoba lagi. Jadi, sebisa mungkin sibukkan diri anda dengan melakukan berbagai kegiatan positif, seperti misalnya mengembangkan hobi baru. Ada banyak kegiatan seru sebagai cara menghilangkan stress yang akan membuat waktu dan tenaga anda berharga. Contohnya : Berkebun, memancing, melakukan panjat tebing, bergabung dalam komunitas pecinta alam, atau juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas lainnya selama itu positif.

Berhenti dari narkoba tak dapat dikatakan mudah kenyataanya. Tapi cara-cara diatas dapat membawa anda menuju hidup baru dan lebih segar dari sebelumnya. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi ketergantungan narkoba melakukan hal positif yang bisa melupakan narkoba seperti beribadah, aktif dalam suatu organisasi masyarakat. Dan perhatikan pergaulan anda dengan orang lain di luar atau dalam lingkungan sekitar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s